Home ┬╗ Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS)

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS)

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Peserta didik baru di SD Muhammadiyah 12 Surabaya dengan semangat mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) agar anak – anak senang dan bahagia mempunyai kelas baru , teman baru , dan lingkungan baru

Masa Pengenalan Lingkungan (MPL) di sekolah dasar adalah periode awal di mana siswa baru diperkenalkan ke lingkungan sekolah, guru, dan teman sekelas mereka. Tujuan dari MPL adalah memberikan orientasi yang baik kepada siswa baru agar mereka dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan sekolah. Berikut adalah beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan selama Masa Pengenalan Lingkungan di sekolah dasar:

  1. Sambutan dan Pengenalan:
    • Kepala sekolah atau wakil kepala sekolah memberikan sambutan untuk menyambut siswa baru dan orang tua. Mereka dapat memberikan informasi umum tentang sekolah, norma-norma, dan nilai-nilai sekolah.
  2. Tur ke Fasilitas Sekolah:
    • Siswa dan orang tua diajak berkeliling untuk mengenal fasilitas-fasilitas sekolah, seperti ruang kelas, perpustakaan, ruang olahraga, kantin, dan kamar mandi. Ini membantu siswa untuk merasa nyaman dan familiar dengan lingkungan fisik sekolah.
  3. Perkenalan Guru dan Staf:
    • Guru-guru dan staf sekolah memperkenalkan diri kepada siswa dan orang tua. Mereka dapat memberikan gambaran singkat tentang mata pelajaran yang mereka ajarkan dan peran masing-masing di sekolah.
  4. Permainan dan Aktivitas Sosialisasi:
    • Siswa dapat berpartisipasi dalam permainan dan aktivitas sosialisasi untuk membantu mereka berinteraksi satu sama lain. Ini dapat mencakup permainan esai, permainan tim, atau aktivitas seni.
  5. Pertemuan dengan Orang Tua:
    • Sekolah dapat menyelenggarakan pertemuan khusus dengan orang tua siswa baru. Ini adalah kesempatan bagi orang tua untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kurikulum, aturan sekolah, dan cara terbaik mendukung pembelajaran anak mereka.
  6. Pembagian Materi dan Buku Ajar:
    • Siswa dapat menerima materi dan buku ajar yang akan digunakan selama tahun pelajaran tersebut. Ini memberi mereka gambaran awal tentang apa yang akan dipelajari dan diharapkan.
  7. Pembentukan Kelompok atau Kelas:
    • Siswa dapat ditempatkan dalam kelompok atau kelas yang akan menjadi unit belajar mereka. Ini dapat membantu membangun koneksi dan memberikan rasa kebersamaan di antara siswa.