• (031) 3551392
  • Gg. 5 No.21-29, Jepara, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur 60171
news
Empat Alasan Sekolah Muhammadiyah Harus Maju

Empat Alasan Sekolah Muhammadiyah Harus Maju

Empat Alasan Sekolah Muhammadiyah Harus Maju

Prof Biyanto mengungkapkan, pertemuan seperti ini dirasa penting untuk saling memajukan pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur. Ia juga memyampaikan beberapa hal yang perlu digali untuk memajukan sekolah Muhammadiyah. Di antaranya, pertama, adalah alasan ideologis dan teologis dari ayat al-Qurna. Yaitu fastabiqul khairat, berlomba-lomba dalam hal kebaikan, atau sekolah Muhammadiyah yang bagus.

Kedua, karena alasan historis, di usia yang ke-109 tahun, Muhammadiyah memiliki Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM), juga punya Muhammadiyah Australian Collage (MEC), dan sebagainya. Ini menandakan bahwa Muhammadiyah itu sudah maju dan berkembang.

Ketiga, kompetitor sekolah Muhammadiyah semakin banyak. Sehingga sekolah Muhammadiyah bukan sekolah nomor satu lagi. Untuk itu, kita perlu melihat keluar secara fair dan objectif. Karena itu, kita perlu berlari untuk menjadi sekolah Muhammadiyah yang hebat.

Keempat, adalah eksistensi lembaga kita yang tidak boleh hanya bergantung kepada pemerintah. Apalagi sekolah Muhammadiyah sebagai privat school(sekolah swasta). “Perlu kiranya stakeholders menjadi tempat bertumpu kita, selain kita bergantung kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Bagaimana kita bisa meyakinkan kepada stakeholders bahwa sekolah Muhammadiyah itu yang terbaik, sekolah Muhammadiyah itu hebat. Jika stakeholders itu percaya, maka mereka akan mempercayakan sekolah Muhammadiyah untuk anak-anaknya. Sehingga, persoalah mutu pendidikan harus terus dipertahankan.

Dalam buku Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah ada pesan penting di dalamnya. “Yakni, pimpinan amal usaha Muhammadiyah (AUM) harus selalu berusaha meningkatkan dan mengembangkan AUM dengan sepenuh hati, sehingga mempunyai keunggulan dan berdaya saing tinggi,” pesannya. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni

pwmu.co

Leave a Reply

Your email address will not be published.