Survey Lingkungan Belajar
Survei Lingkungan Belajar bertujuan mengetahui gambaran berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga hasil asesmen nasional secara komprehensif memberikan profil satuan pendidikan dari input – proses – output. Setiap respon yang peserta (kepala sekolah & guru) berikan diharapkan dapat mencerminkan kondisi satuan pendidikan sesungguhnya dan menjadi informasi reflektif. Oleh karena itu, kejujuran, keaktifan serta kelengkapan dalam pengisian survei lingkungan belajar menjadi kunci kualitas informasi yang akan diterima oleh satuan pendidikan.
Apa yang diukur dalam Survei Lingkungan Belajar.???
Selanjutnya mengenai informasi apa saja yang diukur dari kegiatan Survei Lingkungan Belajar pada Asesmen Nasional oleh guru dan kepala sekolah.
1. Iklim Keamanan Sekolah
- keamanan dan well being siswa
- sikap dan keyakinan guru
- kebijakan dan program sekolah
2.. Iklim Kebhinekaan sekolah
- praktik multikultural di kelas
- sikap dan keyakinan guru/kepsek
- kebijakan dan program sekolah
3. Indeks Sosial Ekonomi
- pendidikan orang tua
- profesi orang tua
- fasilitas belajar di rumah
4. Kualitas Pembelajaran
- manajemen kelas
- dukungan afektif
- aktivasi kognitif
5. Pengembangan Guru
- refleksi dan perbaikan pembelajaran
- dukungan untuk refleksi guru