SDM Dubes Gelar Manasik Haji
2 mins read

SDM Dubes Gelar Manasik Haji

SD Muhammadiyah 12 Surabaya, (SDM dubes) sekolah yang beralamat di jalan Dupak Jaya V/21-28 Kelurahan Jepara Kecamatan Bubutan Kota Surabaya menggelar manasik haji di asrama haji Sukolilo. Rabu, (31/1/2024)

Kegiatan ini di ikuti seluruh siswa kelas 6 yang terdiri kelas 6 Al-Mulk, 6 Al-Qolam, Al-Ahqaf dan Al-Kahfi. Yang berjumlah 78 peserta didik. Berangkat menuju asrama haji.

Sebagai pembimbing manasik haji adalah ustadz Luqmanto selaku ketua KBIH Muhammadiyah kota surabaya.
Dengan busana putih-putih laksana pakaian ihram peserta didik dengan seksama mendengarkan arahan dari pembimbing. Hari ini kita melaksanakan manasik haji dulu. Kelak suatu saat nanti kita bisa melaksanakan haji berkunjung ke Baitullah. Ustadz ustadz Luqmanto memotivasi murid SDM dubes

Dalam arahanya ustadz Luqmanto menyampaikan pengertian haji, syarat-syarat haji, rukun haji, wajib haji dan cara mengerjakan ibadah haji. Mulai haji ifrad, haji qiran, dan haji tamattu’.

Secara berkelompok peserta didik mulai tawaf yaitu mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali putaran, yang dimulai dari hajar aswad dengan menempatkan ka’bah berada di sebelah kiri jamaah haji dan umroh.

Muhammad Umar Abdulllah siswa kelas 6 Al-Mulk mengaku terharu dan senang bisa ikut masasik haji. Saya terharu ustadz membayangkan bisa tawaf yang sesungguhnya di kota mekkah. Semoga Allah swt menaktirkan kita semua untuk bisa berkunjung ke baitullah. Meski capek tapi saya senang. Ujarnya

Selesai tawaf peserta didik melanjutkan dengan sai yaitu berlari-lari kecil antara bukit shafa dan marwah sebanyak tujuh kali. Ibadah ini meneladani siti hajar saat mencari sumber air.

Aqil Rifqi Rabbani Ramadhan siswa kelas 6 Al-Qolam menyampaikan hal yang sama. Meski rasa capek saat mengelilingi ka’bah dan melakukan sa’i serta rangkaian haji lainnya. Tapi kebahagiaan yabg tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata hanya bisa dirasakan. Ujarnya

Semoga kita semua bisa berkunjung ke baitullah untuk melaksanakan haji maupun umroh. Dengan adanya manasik haji ini menambah pengetahuannya saya tentang ibadah haji dna umroh. Ini pengalaman yang berharga dan tidak anak terlupakan. Ujarnya.

Please follow and like us:
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *