Kultum Siswa
1 min read

Kultum Siswa

Kultum alias kuliah tujuh menit menjadi salah satu progam pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 12 Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari senin sampai kamis usai sholat dhuhur berjamaah.

Kegiatan kultum diperuntuhkan untuk siswa laki-laki mulai dari kelas 4 sampai kelas 6 secara bergantian sesuai dengan urutan absen. Seperti hari selasa, (8/08/2023) yang bertugas kultum adalah ananda Naufal Muhammad Fatih Al-Mizan. Siswa kelas 6 Al-Qolam

Dihadapan di hadapan adik-adik kelasnya ananda Izan, sapaan akrabnya menyampaikan materi tentang syirik. Syirik adalah memyekutuhkan. Yaitu menyekutuhkan Allah swt, menyamakan Allah dengan sesuatu yang lain.

Orang yang melakkan perbuatan syirik disebut dengan musyrik. Syirik sangat bertentangan demgan inti ajaran islam yaitu tauhid. Dalam surat An-Nisa ayat 48 Allah swt berfirman ” sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik. Dan dia hanya akan mengampuni dosa selain syirik bagi siapa yang di kehendakinya”

Adapun macam-macam syirik ada empat. Yaitu syirik jali, syirik syirik khafi, syirik uluhiyah dan syirik rububiyah. Demikian kultum yang bisa saya sampaikan, bila ada salah kata mohon dimaafkan. Ujar siswa yang punya hobby beladiri

Please follow and like us:
fb-share-icon0

Tweet
20
fb-share-icon20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *