Home ยป Penjelajahan Islami

Penjelajahan Islami

Penjelajahan menjadi salah satu materi pada kegiatan dapamu SD Muhammadiyah 12 Surabaya. Kegiatan ini di laksakanakan sekitar Vila CMA desa Padusan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojekerto. Kamis, 3 Agustus 2023.

Kegiatan dimulai tepat pukul 07.30 Usai sarapan. Ada delapan kelompok. Empat kelompok putri dan empat kelompok putra. Setiap kelompok harus melalui delapan pos. Dan masing masing pos ada tugas yang harus di selesaikan.

Pos pertama adalah pos pemberangkatan. Disini yang bertugas adalah ustadzah Firda yang harus menyiapkan dan memberangkatkan peserta penjelajahan dapamu. Peserta harus berjalan menyusuri jalanan dan persawahan untuk sampai di pos-pos selanjutnya.

Pos kedua, di jaga oleh ustadzah Amelia Safitri. Di sini peserta menyelesaikan tugas yaitu praktek wudhu dan menjadi makmum masbuk. Sebelum mempraktekanya setiap peserta dan menyanyikan yel-yel yang telah dibuat dengan penuh semangat.

Pos ketiga tugasnya adalah mempratekan tayamum dan menjelaskan tentang zakat. Pos ini di jaga oleh ustafd sudarno. Satu persatu peserta mempraktekan tayamum dan salah satu dari anggota kelompok menjelaskan tentang zakat.

Pos ke empat di jaga oleh ustadz Vredy, dipos ini peserta mempraktekan sholat jamak qoshor dan sholat safar. Pos kelima yang jaga oleh ustadz Roin dengan tugas merawat jenazah. Setiap kelompok menjelaskan tata cara merawat jenazah mulai dari memandikan, mengkafani, menyolatkam dan mengubur jenazah. Untuk proses menyolatkan jenazah peserta praktik langsunh dengan cara salah satu dari anggota kelompok berperan menjadi jenazah dan teman-temannya menyolatkan dengan bacaan yang jahr. Penilainnya di ambil dari kelancaran bacaan doanya.

Ustadz Achmad Naf’an berada di pos ke enam dengan materi haji dan umroh. Sedangkan ustadz Maskan berada dipos ke tujuha dengan materi sholat dua hari raya. Peserta didik mempraktekan sholat ied dengan penyampaian khutah dari salah satu perwakilan kelompok.

Pos yang terakhir adalah pos ke delapan dengan tugas mempraktekan menyebelih hewan ternak. Alhamdulillah anak-anak berani menyembelih hewan setelah diberikan teori dan tata cara menyembelih hewan sesuai de gan syariat islam. Ujar ustadz Jufri Mustafa yang juga agama sekaligus direktur Rumah Tahfid Darul Qur’an Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bubutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *