0

PESMATU: Sarana Pemantapan Ibadah SD DUBES

Share

Salah satu kegiatan yang menjadi keunggulan SD Muhammadiyah 12 Surabaya (SDM dubes) adalah pesmatu. Yaitu Pesantren Malam Sabtu dimana kegiatan ini  dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Untuk bulan ini dikuti siswa kelas 6 yang terdiri dari 72 peserta didik. Jum’at, (21/10/22)

Pesmatu sebagai sarana pemantapan ibadah yang dilaksanakan setelah sholat ashar sampai sabtu. Adapun kegiatannya adalah Murojaah, Dzikir sore hari, sholat maghrib dan isyak secara berjamaah serta setor hafalan surat-surat pendek dan hadits-hadits pilihan serta sholat tahajjud.

Kegiatan pesmatu dimulai tepat pukul 16.00 Wib dengan materi Murojaah yang dipandu oleh ustadz Maskan. Kegiatan murojaah berakhir sampai pukul 17.00 Wib kemudian dilanjut demgan dzikir sore yang dipandu oleh Ustadz Jufri.

Usai dzikir sore peserta didik persiapan sholat maghrib berjamaah yang imami oleh ustadz Jufri Mustafa dan dilanjutkan dengan makan malam bersama sampai tiba waktu sholat isyak.

Setelah sholat isyak peserta didik berkumpul bersama para pendampingnya untuk setor hafalan surat pendek dan hadits pilihan. Usai setor hafalan peserta didik berkumpul dimasjid untuk nobar film KH Ahmad Dahlan.

Setelah rangkaian kegiatan selesai seluruh peserta pesmatu istirahat tidur malam sebelum dilanjutkan dengan sholat tahajjud. Anak-anak bangun tepat pukul 02.30 Wib untuk persiapan sholat malam. Sholat malam dilaksanakan tepat pukul 03.00 Wib dengan imam ustad Jufri yang disambung dengan sholat shubuh berjamaah kemudian dilanjutkan dengan dzikir dipagi hari.

Untuk materi terakhir peserta didik ada praktek mandi wajib dengan pemateri ustadzah Nila Hayani untuk peserta putri dan ustadz Fredy untuk pemateri yang putra.

Kegiatan ditutup dengan sholat dhuha berjamaah dilapangan sekolah. Abdul Malik Romadhoni salah satu peserta pesmatu mengatakam senang dengan kegiatan ini. “Selain bisa menambah hafalan dia juga bisa berkumpul dan bermain bersama-sama. Selain itu dia bisa melaksanakan sholat malam bersama teman-temannya,” Ujarnya.

Ustadz Jufri Mustafa, S.Ag. M.Pd.I. mengatakan pesmatu ini menjadi sarana untuk memantapkan ibadah anak-anak. “Selain itu, ini juga latihan untuk membiasakan sholat malam. Semoga dengan kegiatan ini. Ibadahnya anak-anak semakin baik dan tertib. Kata ustadz Jufri yang juga direktur Rumah Tahfid PCM Bubutan itu.

Home
WhatsApp
Email
Location