0

Petakan Siswa Baru, SDM Dubes Gelar Tes Hafalan Al-Quran hingga Psikologi

Share

Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru, SD Muhammadiyah 12 Surabaya (SDM dubes menggelar pemetaan siswa baru pada Sabtu (28/5/2022). Dalam pemetaan itu, ada sebanyak 64 calon siswa SD Muhammadiyah 12 Surabaya yang beralamat di Jalan Dupak Jaya V / 21-28 Kelurahan Jepara, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya.

“Tujuan dari pemetaan ini adalah mengukur kemampuan peserta didik sesuai dengan gaya belajarnya. Agar nanti ketika pengelompokkan kelas sesuai,” kata Ketua Panitia PPDB Ustadzah Siti Fatimah di sela-sela melakukan pemetaan itu.

Dalam pemetaan ini, peserta didik diuji tentang baca Al-Qur’an menggunakan tilawati serta kemampuan tentang hafalan Al-Qur’an mulai dari surat-surat pendek.

Ustadz Muslim Baihaqi selaku penguji menyampaikan untuk baca Al-Qur’an yang dilihat adalah kemampuan anak-anak dalam mengenal huruf dan membaca. Selain itu, juga tentang Fashohah dan tajwidnya menjadi perhatian bagi penguji. “Dari pengamatan saya tadi, sudah banyak anak-anak yang sudah layak ke Al-Qur’an, jilid 5 dan jilid 3,” ujarnya.

Selain pengamatan baca Al-Qur’an, calon peserta didik juga melakukan tes psikolgi. Dalam bidang ini, SD Muhammadiyah 12 Surabaya bekerja sama dengan Grahita Indonesia. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuam calon siswa dalam beradaptasi, cara mereka berkomunikasi maupun potensi-potensi peserta didik.

Triaz Amalia, Psikolog dari Grahita Indonesia menyampaikan dengan adanya tes semacam ini diharapkan dapat mengetahui bagaimana pola dan gaya belajar siswa. Tentunya, ini akan memudahkan dalam penempatan maupun menggali potensi dan kemampuan siswa.

“Setiap anak memiliki potensi yang bermacam-macam. Kita hanya mengarahkan agar ke depanya semakin mudah dalam mengembangkan potensi siswa,” kata dia.

Ia juga menyampaikan bahwa tes kali ini tidak hanya tentang kemampuan kognitif saja. Tapi juga tentang sikap dan emosinya. “Jadi, tidak hanya tentang IQ-nya saja. Melainkan juga tentang EQ dan SQ,” lanjutnya.

Sementara itu, Ustadz Jufri Mustafa selaku guru agama, menyampaikan bahwa sekolah yang memiliki brand Sekolah Tahfid ini memang menyiapkan dengan baik calon-calon siswa untuk menjadi penghafal Al-Qur’ an. “Salah satu yang kami lakukan adalah dengan adanya kelas tahfid di setiap jenjangnya,” katanya.

Andi Gandy Susanto, Wali Murid dari ananda Nida menyampaikan harapannya menyekolahkan putrinya di SD Muhammadiyah 12 Surabaya. Selain bisa berprestasi di bidang akademik juga memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an. “Tentu ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi para orang tua,” pungkasnya. (Dzanur Roin/RF)

Sumber : http://klikmu.co/petakan-siswa-baru-sdm-dubes-gelar-tes-hafalan-al-quran-hingga-psikologi/

Penulis : Dzanur Roin / RF

Ahmad San

 

Home
WhatsApp
Email
Location