Gelar Karya Hasil UKKM SDM Dubes
1 min read

Gelar Karya Hasil UKKM SDM Dubes

Kegiatan unjuk kerja dan karya merupakan kegiatan yang dirancang dapat menumbuhkan karakter peserta didik seperti berpikir kritis, kreatif, mampu berkomunikasi dan bisa berkolaborasi dengan sesama teman maupun kelompok lain.

Unjuk kerja dan karya ini dilakukan oleh 11 kelompok dari siswa kelas 6 yang terdiri dari kelompok batik media kaos, gantungan kunci, beras kencur, batik ecoprint media kain, sari kedelai, curros, suranci, dompet, melukis tote bag, bola-bola bayam dan kelompok kunyit asam.

Mereka harus mempresentasikan hasil karyanya yang telah dikerjakan selama tiga pekan. Kegiatan UKKM ini sebagai pengganti ujian tulis. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium sekolah selama dua hari. Selasa-Rabu, (5-6/3/2024)

Sebelum dipresentasikan karya dan produk-produk hasil dari UKKM di pajang dihalaman sekolah. Layaknya bazar berbagai macam stand tersedia mulai dari produk makanan sampai souvenir. Seperti minuman sari kedelai, kunyit asam, beras kencur dan camilan berupa bola-bola bayam, curros, dan suranci adapun produk kerajianan berupa gantungan kunci, dompet berbagai macam batik.

Banyak dari siswa dan siswi kelas 1-5 yang tertarik dengan produk anak-nak kelas 6. Seperti ananda Salman Al-Farisi siswa kelas 3 Al-Qomar yang tertarik dengan gantungan kunci. Katanya keren dan unik model-modelnya.

Tidak hanya dari siswa yang beli produk makanan dan minuman, tetapi wali muird juga. Stand yang paling laris adalah produk sari kedelai dan beras kencur serta kunyit asam. Ada juga wali murid yang membeli produk batik ecoprint dari wali murid kelas dua ujar Ananda Azka dari kelompok batik ecoprint.

Banyak hal yang di dapatkan dari kegiatan UKKM ini, diantaranya melatih kemandirian, tanggung jawab, kerja sama, kesabaran dan berani tampil dihapaan penguji maupun wali murid yang hadir menyaksikan gebyar karya siswa. Ujar ustadzah Lin Hidayati selaku kepala sekolah SD Muhammadiyah 12 Surabaya.

Please follow and like us:
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *