Sawang Sinawang
1 min read

Sawang Sinawang

Oleh : Dzanur Roin

Nampak begitu indah pelangi itu, saat kita melihat di atas kepala orang. Tapi, kita tidak akan pernah melihat pelangi yang ada dikepala kita.

Pepatah jawa mengatakan sejatine urip kuwi mung sawang sinawang. yang artinya hakikat hidup itu hanyalah persoalan bagaimana seseorang memandang, melihat sebuah kehidupan.

Apa yang nampak indah sebenarnya hanyalah apa yang kita bayangkan. Karena kita tidak tahu apa yang sesungguhnya terjadi, kita hanya melihat yang nampak, sesuatu yang tersurat sedangkan yang tersirat penuh dengan sejuta makna.

Seorang yang masih single terlihat begitu bahagia, mau apa-apa bebas terserah dia. Mau kemana-kemana tiada yang melarang. tidak dibatasi ruang dan waktu.

Beda dengan mereka yang memiliki status. entah itu seorang ayah atau seorang ibu. Kebebasan mereka di batasi dengan kewajiban mereka. tidak bisa berbuat seenaknya saja. Ada hak-hak lain yang harus terpenuhi lebih dulu.

Terkadang bayangan lebih menakutkan daripada kenyataan sehingga kita takut melangkah. Mau ini salah, mau itu salah. berbuat saja salah apalagi gak berbuat tambah salah.

Takut hidup mati saja, takut mati jangan hidup. Hidup itu bagian dari persoalan karena kehidupan sejatinya adalah rangkaian dari persoalan demi persoalan dan tugas kita adalah menyelesaikan persoalan itu. mati tidak akan menyelesaikan persoalan justru menambah persoalan. persoalan dirimu sendiri dan persoalan orang yang kau tinggalkan.

Maka dari itu jika kau sudah memiliki tekad maka lakukanlah dengan sekuat tenaga dan bertawakkalah, berserah diri kepada Allah sang pemilik segala persoalan agar persoalan kita dimudahkan dan cepat diselesaikan. Kemudian kita memohon agar hati kita selalu ditetapkan pada agamanya.

Dan tidaklah kehidupan ini hanyalah sebuah permainan. Maka dari itu dalam hidup ini jangan main-main agar kita tidak dipermainkan. Dunia ini tak ubahnya seperti panggung sandiwara, tapi kehidupan kita bukan sandiwara. Maka, lakukanlah peran anda dengan sebaik-baiknya.

Please follow and like us:
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20